Social Icons

Kamis, 01 November 2012

KLASIFIKASI KOMPUTER

Jenis - jenis komputer dapat dibedakan menjadi 4 yaitu :
  1. Berdasarkan Data yang Diolah;
  2. Berdasarkan Penggunannya;
  3. Berdasarkan Skala Kemampuannya;
  4. Berdasarkan Ukurannya.
Keempat jenis ini dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.  Berdasarkan Data yang diolah
  • Komputer Analog
Komputer Analog merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka tetapi dalam bentuk phisik, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, Listrik, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. 
  •  Komputer Digital (Digital Komputer)
Komputer Digital merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Komputer jenis ini biasanya digunakan dalam aplikasi bisnis dan aplikasi teknik.
  • Komputer Hibrid
Komputer Hibrid Merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien, yang pada akhirnya, komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

Contoh Komputer Hibrid antara lain : Komputer  yang ditempatkan di ICU (Intensive Care Unit), Komputer ini akan menerima detak jantung dari pasien (sinyal) sebagai masukan dan menerima instruksi yang perlu dilakukan (digit), Komputer yang ditempatkan di reaktor atom (mengambil tingkat radioktivitas dan instruksi masukan), dan pada Pertambangan (mengambil tingkat karbon monoksida dan instruksi sebagai input).

2.  Komputer Berdasarkan Penggunaannya
  •  Special Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yangk husus yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer jenis ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan otomatis pada proses-proses industri seperti pada pabrik kimia, penyulingan minyak, serta untuk tujuan militer untuk memecahkan masalah navigasi dikapal selam dan kapal terbang.
  • General Purpose Komputer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macammaslah, dapat memepergunakan program yang bermacam-macam untukmenyelesaikan masalah-masalah yang berbeda. Contoh aplikasi komputer ini adalah pada aplikasi bisnis, pendidikan, pengolahankata, permainan dan lain sebagainya.

3.  Komputer Bedasarkan Skala Kemampuannya
  • Small Scalle Komputer
Disebut juga dengan small komputer, sekarang kebanyakan menggunakan system multiprogramming, multiprocessing dan virtual storage serta bersifat multi user dengan jumlah terminal sampa idengan ratusan buah.Beberapa perusahaan yang memproduksi small computer antara lain ; IBM, NCR, DEC Control Data Corporation dan lain-lain.
  • Medium Scalle Computer
Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam maslah, dapat memepergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda. Contoh aplikasi computer ini adalah pada aplikasi bisnis, pendidikan, pengolahankata, permainan dan lain sebagainya.
  • Large Scalle Computer
Disebut juga dengan mainframe computer atau large computer karena bentuk phiisiknya besar seperti lemari.Komputer jenis ini mempunyai kecepatan sampai 400 MIPS. Digunakan pada perusahaan-perusahaan besar seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang yang tersebar diseluruh dunia yang tiap kantor cabang mempunyai terminal yang dihubungkan dengan pusat komputernya.

4.  Komputer Berdasarkan Ukurannya
  • Mainframe
Komputer Bingkai Utama atau Komputer Kerangka Utama (Bahasa Ingris: Mainframe computer) adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan. Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya. Contoh Mainframe Computer : IBM System/360, IBM system/390, Honeywell-Bull DPS 7, dan lain-lain.
  • Minicomputer
Komputer Mini (Bahasa Inggris: minicomputer) adalah kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas Komputer Mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server. Beberapa komputer mini yang pernah beredar antara lain :
  1. PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
  2. PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
  3. VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
  4. Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
  5. IBM System/370
  • Microcomputer
Komputer mikro (bahasa Inggris : microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.








Sumber :
- Saefudin, M.Kom ; Pengantar Aplikasi Komputer.pdf
- http://www.amran91.com/2012/03/jenis-jenis-komputer.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Minicomputer
- http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_bingkai_utama
- http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_mikro

0 komentar:

Posting Komentar