Social Icons

Kamis, 18 Oktober 2012

ALAT PENYIMPANAN KOMPUTER......(DASD DAN SASD)

Seperti kita ketahui Sistem Komputer terdiri dari 3 yaitu : Hardware, Software, dan Brainware. Hardware terdiri dari 5 komponen pokok : 
a. Alat Input 
b. Alat Proses 
c. Alat Penyimpanan
d. Alat Output 
e. Alat Komunikasi
Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang salah satu komponen pokok Hardware sebagai alat penyimpanan dari beberapa sumber yang saya dapat, berikut penjelasannya.
 I. ALAT PENYIMPANAN

A. Main Memory

Main Memory dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan. Terbagi menjadi 2 yaitu RAM dan ROM. Main Memori biasanya disebut juga dengan istilah : Main storage, Internal memory, Internal storage, Primary storage, Temporary storage, atau Immediate Accsess storage.

Komponen utama dalam sistem komputer adalah Central Prossesing Unit (CPU) yang meliputi Arithmetic Logic Unit (ALU) dan Control Unit (CU), Memory dan piranti Input/Output. Jika tanpa memory, maka komputer hanya berfungsi sebagai digital signal processing devices, contohnya kalkulator atau media player. Kemampuan memory untuk menyimpan data, instruksi dan informasi-lah yang membuat komputer dapat disebut sebagai general-purpose komputer. Komputer merupakan piranti digital, maka informasi disajikan dengan sistem bilangan binary. Teks, angka, gambar, sudio dan video dikonversikan menjadi sekumpulan bilangan binary (binary digit atau disingkat bit). Ukuran dari Main Memory ditunjukkan oleh satuan terkecilnya yakni  Byte, yakni sebagai berikut :
  • Kilo Byte (KB) =1024 Byte
  • Mega Byte (MB) = 024 KB
  • Giga Byte (GB) = 1024 MB
  • Tera Byte (TB) = 1024GB
  •  Peta Byte (PB), Exabyte (XB), Zettabyte (ZB), Yottabyte (YB).
B. Register

Register merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi (5 sampai 10 kali kecepatan main memory) yang digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU (instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory). Terdiri dari : 
  • Instruction Register (IR) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan  instruksi yang sedang diproses;
  • Program Counter (PC) atau Control Counter/instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat (address) lokasi dari main memory yang berisiinstruksi yang sedang diproses.

C. External Memory

External Memory dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen (simpanan luar). Berdasarkan jenis aksesnya external memory terbagi menjadi 2 :

1. DASD (Direct Access Storage Device)
- Mempunyai akses langsung terhadap data; 
- Kapasitas lebih besar dibandingkan main memory; 
- Harga per bit informasi yang dapat direkam lebih murah dibandingkan main   memory; 
- Kecepatan lebih lambat dibandingkan main memory.

2. SASD (Sequential Access Storage Device)
- Tidak dapat diakses secara langsung diposisinya (harus sekuen, berurutan); 
- Kapasitas lebih besar dibandingkan DASD; 
- Harga per bit informasi yang dapat direkam lebih murah dibandingkan DASD; 
- Kecepatan lebih lambat dibandingkan DASD. 
  Dapat digambarkan sebagai berikut : 




1. DASD (Direct Access Storage Device)


 A.    MAGNETIC DISK 

    Media yang digunakan pada peralatan penyimpan magnetik dilapisi dengan logam oksida, oksida ini adalah material feromagnetik, yang berarti jika ini dibiarkan pada bidang yang mengandung magnet secara permanen akan menjadi magnet.Penggeraknya menggunakan motor untuk memutar media pada kecepatan  tinggi, dan pengaksesan informasi menggunakan alat kecil yang dinamakan hea.  Piringan magnetik yang terbuat dari plastik dan sebuah piringan disebut dengan floppy disk (micro disk dan mini disk), yang terbuat dari metal dan banyak piringan disebut hard disk. 
   

             -         Micro Disk
Terbuat dari piringan plastik berukuran diameter yang cukup kecil yaitu 3 ½ inci yang dapat dimasukkan ke dalam saku baju. Piringan dari micro disk dibungkus kedalam suatu tempat yang terbuat dari plastik keras sehingga lebih awet, tidak mudah tergores dan tidak mudah tertekuk. Micro disk disebut juga micro Floppy. 


-         Mini Disk
Tahun 1972 IBM memperkenalkan mini disk sebagai media penyimpanan program untuk mainframe computer. Mini disk disebut juga dengan nama floppy disk, mini floppy disk, flexible disk atau diskette.




-         Hard Card

Mulai dikenalkan untuk komputer mikro yaitu berupa memori didalam  suatu card bersama-sama  dengan controller-nya. Hard card dapat dipasang di salah satu slot di komputer mikro. Hard Card disebut juga dengan nama file-card, karena file tersimpan di card.



 -         Hard Disk


Terbuat dari piringan keras dari bahan aluminium atau keramik yang dlapisi dengan zat magnetik. Karena piringan dari hard disk bentuknya keras dan kaku, maka dapat terdiri 5 sampai 100 piringan yang disusun. Seperti halnya dengan minidisk, tiap-tiap piringan di harddisk dibagi dalam beberapa lingkaran konsentris yang disebut dengan track. Pada harddisk tidak digunakan sistem sector tetapi digantikan dengan cylinder, yaitu kumpulan dari nomor track yang sama untuk semua piringan. Data yang diletakkan di hard disk akan direkamkan pada track tertentu di permukaan, bila track satu sudah penuh, maka akan dilanjutkan pada nomor track yang sama di permukaan selanjutnya. 
Contoh Hardisk antara lain :
 
>> Removable Disk (Disk Pack)
 
Yaitu hard disk yang dapat dilepasdari alat penggeraknya dan read/write head letaknya ada di disk drive tidak di hard disk. Keuntungan dari removable disk adalah dapat dilepas dari alat penggeraknya sehingga dapat diganti-ganti dengan yang lainnya dan dapat dibawa-bawa.

Kelemahannya adalah kemungkinan permukaan piringan dapat rusak karena tergores dengan read/write head ketika dipasangkan ke disk drive.

>> Fixed Disk (Winchester Disk )
 
Merupakan hard disk yang diletakkan dalam suatu tempat tertutup bersama-sama dengan read/write head-nya. Dengan teknologi Winchester, read/write head dapat diletakkan dengan sangat dekat sekali dari permukaan piringan yaitu sekitar 1/20 juta inchi.

Kelemahannya adalah karena hard disk dipasang  secara permanen di komputer, maka tidak mudah dilepas dan diganti dengan yang lain dan dibawa-bawa.

>> Disk Cartridge

Merupakan hard disk yang sifatnya removable dengan kapasitas yang besar dan digunakan untuk mem-back up file. Kecepatan disk cartridge lebih lambat daripada winchester disk atau removable disk.
 
 



 B.    TAPE STRIP CARTRIDGE 


  • Merupakan gabungan dari pita magnetik dengan disk magnetik. IBM menyebut tape strip cartridge dengan istilah mass storage systems. Misalnya IBM 3850  menggunakan suatu strip pita magnetik yang panjangnya 770 inci dengan lebar 3 inci. Masing-masing  strip pita magnetik digulung dan disimpan di suatu silinder cartridge berdiameter 2 inci dan panjangnya 4 inci.
  • Tiap-tiap cartridge dapat menyimpan data sampai 50 juta byte dan diletakkan pada suatu tempat berbentuk sel-sel yang menyerupai rumah lebah madu (honeycomb). Tiap-tiap sel digunakan untuk menempatkan sebuah cartridge dan diambil dengan menggunakan alat lengan elektromekanik dengan waktu antara 4 – 8 detik. Informasi didalamnya dibaca dan dipindahkan ke disk magnetik untuk diproses.


 C.    OPTICAL DISK



  • Optical Disk terdiri dari track spiral dalam satu permukaan flat.
  • Perekaman data dilakukan dengan membakar titik-titik kecil di lapisan permukaan disk dengan menggunakan sinar laser (sifatnya permanen).
  • Tahan terhadap medan magnet.
  • Sektor-sektor terletak berdampingan.  
  • Contoh : CD-RW

 D.    MAGNETIC DRUM


Terbuat dari suatu drum silinder yang permukaannya dilapisi dengan zat magnetik. Permukaan dari drum tersebut dibagi ke dalam beberapa track. Masing-masing track mempunyai satu atau lebih read/write head. Magnetik drum sifatnya sama dengan fixed disk, yaitu tidak dapat dilepas dan diganti unitnya. Waktu pemasukan dari magnetic drum lebih cepat dibandingkan magnetic disk tetapi sekarang sudah jarang dipakai





E.    MAGNETIC BUBBLE STORAGE
 
Pertama kali diteliti pada tahun 1970. Disebut juga magnetic bubble storage dirancang dan dikembangkan dari chip IC. Alat ini bekerja dengan prinsip medan magnet. Jika suatu medan magnet didekatkan ke chip, beberapa area di chip akan menegang dan yang lainnya mengendur. Kalau dilihat dari mikroskop elektron, area ini akan seperti gelembung (bubble)





2.    SASD (Sequential Access Storage Device)

A.    PUNCH CARD

  • Dikembangkan pada tahun 1887 oleh Prof. Dr. Herman Hollerith.
  • Pertama kali digunakan untuk memproses data senss di Amerika tahun 1890
  • Terdiri dari 80 kolom, tiap kolom untuk merekam 1 karakter (1 kartu menampung 80 karakter).
  • Tiap kolom terdiri dari 12 baris horizontal.
  • Karakter yang direkam tiap kolom dilakukan dengan melubangi baris-baris tertentu sesuai kode yang digunakan (Hollerith Code)
  • Kumpulan kartu plong disebut Deck.
  • Deck dari kartu plong sejenis akan membentuk file.
  • Kartu plong disebut sebagai sebuah unit record.

   B.    PAPER TAPE


  • Merupakan lembaran kertas continous yang umumnya berukuran lebar 2,5 cm (1 inch) atau 7/8 inch.
  • Karakter direkam dengan cara melubanginya, dengan menggunakan paper tape punch.
  • Posisi pelubangan menggunakan kombinasi dari 5 baris lubang atau 8 baris lubang (channel).



C.    MAGNETIC TAPE 
  • Data yang dibaca dari atau ditulis ke tape dalam suatu group karakter disebut Block.
  • Suatu Block adalah jumlah terkecil dari data yang dapat ditransfer antara secondary memory dan primary memory pada saat akses. Sebuah block dapat terdiri dari satu atau lebih record. Sebuah block dapat merupakan Physical Record.
  • Diantara 2 block terdapat 2 ruang yang disebut sebagai Gap (Interblock gap). Bagian dari tape yang menunjukkan data block dan interblock gap.
  • Panjang masing-masing gap adalah 0,6 inch. Ukuran blok dapat mempengaruhi jumlah data/record yang dapat disimpan dalam tape
  • Untuk tape yang panjangnya 2400 feet, dapat menampung kira-kira 23 juta karakter.
  • Penyimpanan data pada tape adalah dengan cara sequential.
  • Macam-macam Magnetic Tape yaitu :
  >>  Reel To Reel


Merupakan bentuk pita magnetik yang paling tua. Mempunyai ukuran lebar ½ inci dan panjangnya sekitar 2400 feet. Untuk tiap reel pita magnetik, awal dan akhir dari pita terdapat suatu daerah yang tidak digunakan untuk merekam data yang disebut leader. Reel to reel tape banyak digunakan untuk komputer-komputer besar.










>>  Cartridge Tape

Disebut juga streaming tape dirancang khusus untuk menyimpan hasil dari suatu backup dari file di disk. Cartridge tape banyak digunakan pada komputer mini.








 >>  Cassette Tape

Pita magnetik yang banyak digunakan di komputer mikro adalah cassette tape. Selain untuk merekam musik dapat juga digunakan untuk merekam signal berbentuk bilangan binari yang dikenal oleh komputer. Suatu teknik yang digunakan untuk mewakili bilangan binari di cassette tape dikenal dengan nama FSK (Frequency Shift Keying). Sebagai pembaca atau perekam data digunakan tape recorder biasa.
















Daftar Pustaka :
 Saefudin, M.Kom ; Pengantar Aplikasi Komputer.pdf
 http://maria.staff.jak-stik.ac.id//materi-kuliah[5].doc


1 komentar:

  1. Sipp, kunjungi artikel ku juga tentang media penyimpanan, barang kali ada penambahan. Thx.

    http://top-ilmu.blogspot.com/2013/09/macam-macam-alat-penyimpanan-pada.html

    BalasHapus