Social Icons

Kamis, 11 Oktober 2012

Perbedaan Notebook, Netbook, dan Laptop

Bagi sebagian orang perbedaan istilah Laptop, Notebook, dan Netbook mungkin bukanlah hal yang penting. Tapi, jangan salah masih banyak loh yang bingung jika ditanya apa bedanya antara Laptop, Notebook, dan Netbook termasuk saya pada saat mengikuti mata Kuliah APLIKOM.. :D

Sebenarnya pada mulanya komputer pribadi ada dua jenis saja yaitu desktop dan laptop. Desktop merupakan komputer yang diletakkan diatas meja, sedangkan laptop adalah komputer yang lebih ringan yang dapat dioperasikan diatas pangkuan. Pada perkembangannya banyak orang yang menggunakan laptop ditaruh diatas meja juga karena memangku laptop menjadikan suhu atau hawa yang ditimbulkan menjadi sangat panas.

Setelah itu muncullah model laptop yang lebih kecil dan ringan, yang kemudian disebut dengan notebook karena dapat dibawa seperti halnya menjinjing buku. Jadi sebenarnya laptop dan notebook tidak ada bedanya, keduanya sama-sama komputer mini. Yang membedakan hanyalah dalam hal penyebutan istilah akibat penempatan posisi pemakaian dan cara membawa komputer mini itu sendiri.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini beberpa penjelasan mengenai perbedaan Laptop, Netbook dan Notebook. 
  1. Laptop. Laptop itu sendiri adalah sebutan umum untuk Notebook dan Netbook. Jadi Laptop itu bisa diartikan sebagai netbook maupun notebook. Asal katanya tetap sama yaitu merujuk pada komputer yang digunakan di pangkuan (lap).
  2. Dari segi ukuran, Netbook biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dari Notebook. Netbook biasanya memiliki ukuran 7-12 inci sehingga lebih praktis untuk dibawa kemanapun, meskipun saat ini ada netbook yang ukurannya mencapai 14 inci tapi biasanya tak pantas lagi disebut Netbook. Sedangkan, Notebook biasanya berukuran 12 inci keatas.
  3. Spesifikasi Hardware, Netbook biasanya menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7  yang hemat energi, Athlon Neo (dikeluarkan oleh AMD). Netbook juga biasanya dibekali RAM 512 Mb – 1 Gb, dan dilengkapi fitur untuk berinternet yang menyertakan Wi-Fi, bluetooth, serta modem 3G dan 3.5G (HSDPA). Sebagian Netbook juga sudah memiliki Webcam. Selain itu, beberapa produsen juga menyediakan opsi SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanannya karena lebih hemat energi daripada hardisk.
    Sementara Notebook biasanya menggunakan prosesor yang lebih kuat, seperti Pentium Dual-core, Core2 Duo, Urion X2 dengan RAM yang sama atau lebih besar daripada Netbook. Notebook juga dapat menggunakan discretge  graphic dari Ati Rader on atau Nvidia GetForce.
  4. Dari segi performa, Netbook memiliki performa yang dibatasi (lebih rendah) yang biasanya di desain untuk melakukan kinerja yang ringan seperti mengolah data Word, Excel, Power Point, Internetan, memainkan games ringan, dan lain sebagainya. Sedangkan Notebook kinerjanya melampaui Netbook, dengan kecepatan pengolahan data yang cepat serta kemampuan multimedia yang handal. Sehingga, pengguna bisa mencari ide, mengedit gambar/video, bermain games 3D yang berat, dan lain sebagainya. Kalaupun ada spesifikasi Netbook yang setara dengan kemampuan Notebook, itu hanayalah inovasi dari Vendor untuk kebutuhan orang-orang tertentu yang tentu saja cukup menguras kantong anda.
  5. Daya tahan baterai .Baterai pada Notebook umumnya hanya mampu bertahan selama 1-3 jam. Sedangkan baterai Netbook mampu bertahan 3-5 jam, bahkan perkembangan terakhir baterainya bisa bertahan selama 8 jam untuk pemakaian internet secara terus-menerus. Hal ini dikarenakan hardware yang digunakan Netbook jauh lebih hemat energi.
  6. Dari segi harga, Netbook baisanya relatif lebih murah dibandingkan dengan Notebook. Netbook biasanya dibandrol dengan harga 2 jutaan keatas sedangkan Notebook rata-rata dibandrol dengan harga 4 jutaan keatas dengan spesifikasi standard.
  7. Dari segi pengguna, Pengguna netbook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk berinternet, chatting, mendengarkan musik dan video. Kalau notebook tugasnya lebih berat lagi, dan lebih cocok untuk mereka yang menciptakan suatu konten, seperti mengedit video atau gambar. 
Semoga bermanfaat y . . . :)



 Sumber :
 http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/netbook-vs-notebook/
 http://www.acerid.com/2012/06/memahami-perbedaan-laptop-notebook-dan-netbook/




0 komentar:

Posting Komentar