Social Icons

Minggu, 20 Januari 2013

RUMUS DAN FUNGSI MS.EXCEL 2007

Rumus merupakan bagian terpenting dari Ms. Excel , karena setiap tabel yang kita ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Operator matematika yang akan sering digunakan dalam rumus adalah sebagai berikut :
Tabel 1.1 Daftar Operator Matematika
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel, yang akan membantu dalam proses perhitungan.Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ().

Contoh menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel C2 sampai C5,
Rumus yang dituliskan adalah : =C2+C3+C4+C5 , lihat tabel 1.2

Akan lebih mudah jika menggunakan fungsi SUM, dengan menuliskan =SUM(C2:C5), lihat tabel 1.3

TABEL 1.2

TABEL 1.3











Beberapa fungsi yang sering digunakan antara lain :
  • FUNGSI SUM(...)
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah =SUM(number1,number2,...). Dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dijumlahkan.
  • FUNGSI AVERAGE(...)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data / range.Bentuk umum penulisannya adalah =AVERAGE(number1,number2,...). Dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data yang akan dicari nilai rata-ratanya.
  • FUNGSI LOGIKA IF(...)
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu. Misalnya jika nila sel A1="A" maka hasilnya "Ayam", jika nila A1="B" Maka hasilnya "Bebek". Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut :
 Tabel 1.4 Daftar Operator Pembanding
  • FUNGSI MAX(...)
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Bentuk umum penulisannya adalah =MAX(number1,number2,...). Dimana number1, number2, dan seterusnya adalah range data (numerik) yang akan dicari nilai tertingginya.
  • FUNGSI MIN(...)
Sama halnya dengan MAX bedanya fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data numerik. Bentuk umum penulisannya adalah =MIN(number1,number2,...).
  • FUNGSI LEFT(...)
Fungsi Left digunakan untuk mengambil karakter pada bagian sebelah kiri dari suatu teks. Bentuk umum penulisannya adalah =LEFT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kiri, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
  • FUNGSI MID(...)
Fungsi Mid digunakan untuk mengambil sebagian karakter bagian tengah dari suatu teks. Artinya mengambil sejumlah karakter mulai dari start_num, sebanyak jumlah karakter. Bentuk umum penulisannya adalah =MID(text,start_num,num_chars).
  • FUNGSI RIGHT(...)
Fungsi ini kebalikan dari fungsi Left, jika Left mengambil karakter pada bagian sebelah kiri maka fungsi Right adalah mengambil karakter pada bagian sebelah kanan teks. Bentuk umum penulisannya adalah =RIGHT(text,num_chars). Dimana text adalah data yang akan diambil sebagian karakternya dari sebelah kanan, num_chars adalah jumlah karakter yang akan diambil.
  • FUNGSI HLOOKUP dan VLOOKUP
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca suatu tabel secara horizontal (HLOOKUP) atau secara vertikal (VLOOKUP). Bentuk umum penulisan fungsi ini adalah :

=HLOOKUP(Lookup_value,Table_array,Row_index_num,...)
=VLOOKUP(Lookup_value,Table_array,Col_index_num,...)

0 komentar:

Posting Komentar